Cegah Calo Pengurusan IMB Atau PBG, PPWI dan Istansi Terkait Turun Mengambil Data



Ketua PPWI dan Kades lempa saat berfoto


WAJO, INFOCHANELNASIONAL.COM--Dengan adanya informasi dari warga yang tidak bersedia disebut namanya, bahwa terdapat oknum kepala desa dan aparat pemerintah setempat yang melakukan pencaloan terhadap warganya tentang pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang sekarang disebut Persetujuan Bangunan Gedung (PBG). Jumat,16/09/2022

Untuk menindak lanjuti hal tersebut di atas, Ketua Persatua Pewarta Warga Indonesia  (PPWI) Cabang Kab. Wajo Ambo Daling, ST.  menyurat pada Dinas terkait.

“Yah kita bersyukur atas tanggapan dan patisipasinya pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan serta pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), saat dilayangkan surat untuk mendampingi (PPWI) mengambil data pembanding di desa langsung ditanggapi”, kata Daling.

Lanjut  Daling bahwa untuk tahap awal, lokasi pengambilan data pembanding dilakukan di Desa Lempa Kecamatan Pammana, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan ( Sulsel)  dengan pertimbangan lokasi tersebut cukup dekat dan kantor desa berada di jalan poros. 

"Kita akan lanjutkan di  beberapa desa yang ada di Kabupaten Wajo. PPWI berharap semoga informasi dari warga tidak benar, olehnya itu pengabilan data pembanding harus dilakukan dibeberapa desa. Akan tetapi jika ini benar akan ditindak lanjuti lebih jauh lagi", terang Daling

Dari hasil survey bersama  Tim dari Dinas terkait, di desa Lempa Kecamatan  Pammana ditemukan dua bangunan yang melanggar Garis Sempadan Bangunan (GSB) namun tidak dilakukan wawancara pada pemilik bangunan karena tidak ada di tempat.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Lempa, H.Abdul Aziz Sanusi, di ruang kerjanya mangatakan kepada Ketua PPWI Wajo, bahwa  selama menjabat sebagai kepala desa selalu memberikan pelayanan yang maksimal kepada warganya termasuk pengurusan dokumen Persetujuam Bangunan Gesung (PBG) jika ada yang membangun, demikian juga yang dilakukan oleh seluruh anggotanya.

"Selama saya menjabat Kepala Desa Lempa belum perna menemukan ada pencaloan IMB atau PBG di wilayah saya",tutupnya

Laporan: Tim PPWI

Editor: Muhlis

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama