Oto Dottoro Tahun 2020, Siap Layani Masyarakat di Kabupaten Wajo

Oto Dottoro Tahun 2020, Siap Layani Masyarakat di Kabupaten Wajo

Wednesday, November 13, 2019, November 13, 2019
Oto Dottoro Tahun 2020, Siap Layani Masyarakat  di Kabupaten Wajo
Oto Dottoro akan hadir di tengah masyarakat Wajo Tahun depan


INFO CHANEL WAJO- Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud,  pimpin rapat persiapan Oto Dottoro untuk masyarakat Wajo diruang pimpinan, Senin 11/11/2019

Dalam sambutan Bupati Wajo mengatakan bahwa yang menjadi dasar pelaksanaan Oto Dottoro ini, bahwa dia ingin tidak ada lagi masyarakat Wajo tak terlayani, meski dalam kondisi apapun atau dalam kondisi darurat.

Dijelaskan kalau Oto Dottoro ini menjadi pertolongan pertama bagi masyarakat ketika ada yang membutuhkan melalui call center darurat dengan berdasarkan SOP.

"Tentunya kendaraan operasional ini akan disebar sehingga dapat mengakomodir 14 Kecamatan, mengenai anggarannya bersumber dari  APBD dan yang lainnya," Jelas Dr. H. Amran Mahmud

"Salah Satu dari 25 program kerja nyata Bupati Wajo yaitu Oto Dottoro atau nama lainnya Pusat Kegawatdaruratan Terpadu (PKT) dalam bahasa Inggrisnya Publik Servis Center (PSC)," jelas plt. Kadis Dinkes Kab.Wajo drg. Nur Asri Idrus, M.Si.

Lanjut dikatakan kalau PSC/PKT ini akan hadir di tengah masyarakat Wajo yang merupakan unit pelayanan yang menjamin kebutuhan masyarakat yang berhubungan dengan kegawatdaruratan untuk mendapatkan respon cepat.

PSC/PKT ini melayani 24 jam secara terus menerus dengan prinsip tepat waktu dan tepat sasaran  dengan dilengkapi fasilitas dan tenaga kesehatan

Juga dijelaskan kalau pelayanan yang diberikan yaitu pelayanan kesehatan yang sifatnya emergency, persalinan bilamana dalam keadaan emergency/darurat dan dalam proses rujukan ke faskes sesuai standar, kasus rujukan emergency kegawatdaruratan/komplikasi maternal dan bayi baru lahir/ neonatal, korban bencana, kecelakaan lalu lintas,rujukan ke puskesmas/RSU.

Perlu diketahui bahwa Oto Dottoro ini dilengkapi dengan fasilitas alat alat modern emergency pada umumnya dan tenaga kesehatan, jumlahnya ada 5 unit dan kedepannya akan bertambah sesuai kebutuhan masyarakat.

Diakhir acara Bupati Wajo menyampaikan kalau Insya Allah di bulan Januari 2020 Oto Dottoro akan launching.

Turut hadir dalam acara ini tim dari BAPPEDA, BPKAD, DINKES, DAMKAR, serta BPJS Kabupaten Wajo.

Sumber:  Humas Pemkab Wajo
Editor: Lis

TerPopuler