Kabar Gembira Untuk Nelayan Wajo, Terkait Ikan Sapu-Sapu


 

INFOCHANELNASIONAL.COM, WAJO -- Komisi II DPRD Kabupaten Wajo melakukan kunjungan kerja ke Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Jumat 16 April 2021.


Rombongan Komisi II DPRD Wajo dipimpin wakil ketua Komisi II, Drs H. A. Witman Hamzah, turut mendampingi kepala dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Wajo, Ir. Naspari.


Rombongan Komisi II DPRD Wajo diterima oleh Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan Unhas Makassar, Dr.Ir. Aisyah Farhum, M.Si yang didampingi para peneliti, Dr. Kasmiati, M.Sc, Dr. Ir, Khusnul Yakin, M.Sc;  Prof. Ir.  Budimawan, DEA;  Dr. Gunarto Latama M.Sc; Dr. Ahmad Faisal, M.Si dan sejumlah guru besar Unhas, Prof. Andi Iqbal Burhanuddin, yang merupakan putra Wajo


Ketua Komisi II DPRD Wajo, Ir. H. Sudirman Meru, mengatakan, kunjungannya ke Fakultas Kelautan Dan Perikanan Unhas Makassar, untuk membahas hasil kajian dan penelitian tentang kelayakan ikan sapu-sapu Danau Tempe.




"Kami berkunjung ke Unhas untuk mengetahui hasil penelitian, apakah ikan sapu-sapu layak dimakan atau tidak," ucap H. Sudirman Meru


Lanjutnya bahwa dari hasil penelitian yang dilakukan Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Unhas Makassar, disimpulkan bahwa, ikan sapu-sapu Danau Tempe tidak beracun.


Saat ini, sebut Sudirman, masyarakat beranggapan jika ikan sapu-sapu mengandung racun, sehingga perlu ada edukasi untuk merubah pemahaman tersebut,  kandungan logam beratnya masih sangat rendah dibawah ambang batas.


"Justeru pada tulang dan kulitnya mengadung gelating yang dapat berguna untuk tubuh manusia. Jadi Kalau dulu dan sekarang ikan sapu-sapu dianggap masalah, maka pada masa yang akan datang akan menjadi potensi ekonomi bagi masyarakat Kabupaten Wajo," jelasnya. (Red/Adv)


Editor : Muhlis

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama