Bupati Wajo Launching Pengiriman Kacang Hijau Dari Petani Wajo Ke Pulau Jawa

Foto Humas Pemda: Amran Mahmud Melauncing Pengiriman Kacang Hijau ke Pulau Jawa

 

Bupati Wajo, INFOCHANELNASIONAL.COM--Amran Mahmud menyampaikan rasa bangga, terima kasih serta apresiasi kepada petani kacang hijau di Kabupaten Wajo atas keberhasilannya mengirimkan kacang hijau tujuan Pulau Jawa.


Apresiasi tersebut disampaikan saat menghadiri sekaligus melaunching pengiriman kacang hijau dari petani Wajo ke Pulau Jawa yang dilaksanakan secara simbolis di Desa Ujung Baru , Kecamatan Tanasitolo, Jum'at (22/10/2021)


Amran Mahmud menyampaikan bahwa kegiatan ini bisa menjadi spirit dan penyemangat bagi petani  kalau sebenarnya produk pertanian Wajo, khsususnya kacang hijau juga bisa dikirim ke luar Wajo, bahkan ke luar Pulau Sulawesi.


 "Ini menjadi kebanggaan karena Wajo bisa menjadi sentra produksi kacang hijau terbesar di Sulawesi Selatan dan Insya Allah ke depannya kita akan mengekspor produksi pertanian tersebut. Hari ini kita akan kirim 3 truk." ucap Amran Mahmud


Orang nomor satu di Bumi Lamaddukkelleng ini juga mengatakan bahwa keberhasilan pengiriman kacang hijau ini merupakan esensi dari program pertanian terpadu yang merupakan salah satu  25 program kerja nyata yang menjadi program unggulannya. 


Program  pertanian terpadu ini, lanjutnya bahwa selain memotivasi petani agar  lahan tidur bisa dimanfaatkan atau diproduktifkan, juga membudidaya beberapa komoditi dalam satu kawasan agar produksi yang dihasilkan lebih meningkat.


"Pertanian terpadu, bagaimana lahan-lahan yang tidak produktif dimaksimalkan  dan lahan yang ada dikelola budidaya berbagai komoditi sehingga selain meningkatkan produksi juga meningkatkan kesejahteraan petani," jelasnya.


Oleh karena itu, lanjut Ketua DPD PAN Wajo ini, untuk meningkatkan produksi pertanian seperti kacang hijau ini, Amran Mahmud mengharapkan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan melalui  penyuluh pertanian untuk betul-betul mendampingi petani.


"Saya harapkan penyuluh agar lebih banyak di lapangan untuk mendampingi petani khususnya pada program pertanian terpadu dan juga pengembangan kacang hijau yang sudah kita mulai pengirimannya ke Jawa hari ini" tegasnya.


Sementara, sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sulsel, Suaib mengapresiasi Kabupaten Wajo yang melakukan pengiriman kacang hijau ke Pulau Jawa.


 Suaib membenarkan kalau Wajo merupakan sentra produksi kacang hijau terbesar di Sulsel. "Wajo luar biasa karena hari ini bisa melakukan pengiriman kacang hijau ke Pulau Jawa. Kita harapkan bagaimana produksi ini semakin meningkat," harapnya.(ADV)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama