DPP Forum Wartawan Daerah Indonesia Terbentuk

Foto Dokumen DPP Forum Wartawan Daerah


Lubuklinggau - Infochanelnasional.com--Pembentukan struktur Dewan Pengurus Pusat (DPP) Forum Wartawan Daerah Indonesia yang diselenggarakan di kantor Sekretariat DPP FWDI di Kota Lubuklinggau tepatnya di Jl. Jendral Ahmad Yani, Kecamatan Lubuklinggau Utara II Eks Kantor Distributor Rokok Jambu, Sabtu (13/November/2022).


Acara tersebut dipimpin langsung oleh Herliansyah, ST. selaku Ketua Umum DPP Forum Wartawan Daerah Indonesia, Rapat Pembentukan Struktur berjalan dengan khitmad dan tertib sesuai dengan apa yang diharapkan.

Dalam pertemuan tersebut, hadir beberapa tokoh Jurnalis Senior diantaranya Frans Sembiring sebagai Penasehat, Habibullah S.Y sebagai Wakil Ketua I, Herman Pelani Wakil bendahara I, Wardani sebagai Sekretaris Jendral, dan beberapa anggota DPP FWDI dan juga anggota FWDI Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musirawas dan Kabupaten Musirawas Utara, juga dihadiri oleh calon Pengurus DPD FWDI Provinsi Bengkulu.

Rapat pembentukan struktur tersebut, membahas mengenai penunjukan beberapa Posisi kosong yang harus segera ditempati dikarnakan dalam waktu dekat Forum Wartawan Daerah Indonesia (DPP) akan melakukan Audensi kepada beberaoa daerah antara lain Pemerintah Kota Lubuklinggau dan Pemkab Musirawas, Pemkab Murawas Utara dan Pemprov Sumatera Selatan.

Didalam pidatonya Ketua Umum DPP Forum Wartawan Daerah Indonesia Herliansyah menjelaskan mengenai Visi dan Misi FWDI sebagai wadah komunikasi antara pelaku bidang Jurnalistik, Aktivis, pemerintah dan juga Masyarakat.

"Semoga dengan terbentuknya FWDI ini, bisa menjadi sebuah wadah komunikasi yang interaktif dan bermanfaat bagi semua elemen sesuai dengan Visi dan Misi juga Tujuan terbentuknya Forum Wartawan Daerah Indonesia (FWDI) ini" .

Lebih lanjut, Frans Sembiring yang berperan sebagai Penasehat Forum juga menambahkan beberapa penyampai kepada Anggota DPP - FWID dalam kata sambutnya.

"Kita harus bangga, Forum kita ini adalah forum yang besar, dikarnakan nama yang kita usung benar membawa nama daerah tetapi kita adalah pengurus pusat, jadi kita adalah tumpuhan atau acuan bagi setiap DPD, DPC dan seterusnya yang nantinya akan terbentuk " sampai Frans Sembiring dalam pidatonya.

Adapun kesimpulan mengenai tujuan dan arti lambang Forum Wartawan Daerah Indonesia adalah sebagai berikut :

Arti dari bentuk lambang forum wartawan daerah Indonesia

Pena: melambangkan alat/senjata               
profesi jurnalis

Lembar surat kabar : melambangkan saran dan aspirasi

Padi dan kapas: Melambangkan kesejahteraan dan kedamaian

Lingkaran bulat: melambangkan persatuan dan kesatuan

Arti lambang dalam warna 

Kuning emas: melambangkan kemuliaan

Hitam: Melambangkan setia sampai mati

Kuning: Melambangkan keagungan

Merah: Melambangkan keberanian

Putih: melambangkan kesucian

Hijau: melambangkan kesuburan

Tujuan forum wartawan daerah Indonesia adalah

1.Mewujudkan cita cita kemerdekaan pers Pancasila yang bebas dan bertanggung jawab

2.Perlindungan Hak Azasi dan Hukum kepada Insan Pers Nasional benar-benar terjamin

3.Melanjutkan dan meneruskan perjuangan Insan Jurnalis/ Pers Indonesia untuk mendukung pembangunan Nasional yang berkesinambungan

4.Mewujudkan serta menjamin kesejahteraan sosial Insan Jurnalis dan keluarganya

5.Membantu mencerdaskan masyarakat dan media sebagai alat untuk penerangan 

6. Meningkatkan karya jurnalis

7.Membantu melakukan pendidikan Jurnalistik kepada anggotanya untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidangnya secara Profesional dalam menyongsong Era Globalisasi

8.Sebagai penyampai aspirasi masyarakat kepada pemerintah dan sebaliknya

9.Sebagai polisi kontrol dan sosial kontrol bagi pemerintah dan masyarakat.


(Iqbal/ICN)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama