Komisi II DPRD Kabupaten Wajo Menjemput Bola, Wajo Dapat Program Bantuan Kementerian Pertanian RI Tahun 2022


 JAKARTA,INFOCHANELNASIONAL.COM---Dalam Rangka menghadapi tahun Anggaran 2022, Komisi II DPRD Kabupaten Wajo, pada  Rabu 3 Nopember 2021, melakukan kunjungan kerja  ke Direktur Tanaman Semusim dan Rempah  Kementerian Pertanian R.I. di Jakarta.



Rombongan Komisi II dipimpin langsung  ketua Komisi II H.Sudirman Meru didampingi  Wakil Ketua Komisi II H.Andi Witman Hamzah dan H.Suriadi Bohari selaku sekertaris Komisi II. Turut hadir Anggota Komisi 2 lainnya seperti Asri Jaya A.Latif, Herman Arif, Mursalim, H.Andi Rasadi. Andi Sarwan dan H.Risaldi Odda. Disamping itu Juga Hadir Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Wajo IR. Ashar bersama Kasubdik Perkebunan Wajo , Budi dan  Burhanuddin.


Rombongan Komisi II DPRD Wajo diterimah oleh Direktur Tanaman Semusim dan Rempah yang diwakili oleh   Slamet Bejo Santoso, SP,.M.Si, selaku Koordinator Tanaman Lada, Cengkeh dan Palah /Pengawas Hasil Tanaman. Kementerian Pertanian RI.



Kadis Pertanian Kabupaten  Wajo Ir.Muh. Ashar bersama Kasubdik Perkebunan Kabupaten  Wajo Ibu Budi menyampaikan laporan dan potensi-potensi pengembangan perkebunan di Kabupaten Wajo serta harapan-harapan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten  Wajo terkait  upaya pengembangan Pertanian Perkebunan, terutama dalam prospek pangembangan di Tahun Anggaran 2022.


 Senada juga disampaikan oleh Anggota DPRD Kabupaten Wajo , Asri Jaya A. Latif bahwa apa yang disampaikan oleh dinas Pertanian Kabupaten Wajo  memang merupakan aspirasi masyarakat terutama di 2 (dua)  Kecamatan yang berpotensi berdasarkan topo grafiknya yaitu Kecamatan  Pitumpanua dan Kecamatan  Keera. "Kesiapan masyarakat  kami di Wajo untuk menerima program itu sudah sangat  siap berdasarkan proposal dan data CPCL  yang dibawa Dinas Pertanian hari ini," ujarnya



Penyataan Asri Jaya A.Latif diperkuat Anggota DPRD lainnya  dari  H.Andi Witman Hamzah bahwa apa yang disampaikan pembicara sebelumnya benar adanya karena teruas terang untuk membiayai harapan-harapan petani kami masih mempunyai keterbatasan Anggaran APBD apalagi adanya pengaruh Refokusin. Untuk mendorong Program Pertanian Kabupaten  Wajo kami hadir di Kementerian Pertanian menjemput bola, tuturnya



Setelah mendengar pemaparan dan harapan-harapan Anggota Komisi II DPRD  Kabupaten Wajo bersama Dinas Pertanian Kabupaten Wajo. Melalui  Direktur Tanaman Semusim dan Rempah, Slamet Bejo Santoso menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang sangat  tinggi kepada Komisi II bersama Dinas Pertanian Kabupaten  Wajo atas kemitraan/kerja samanya untuk datang di Kementerian Pertanian dalam rangka menjemput bola untuk program-program Kementerian Pertanian  di Tahun Anggaran 2022 termasuk di Direktorat Tanaman Semusim dan Rempah.


 "Kami menilai bahwa perpaduan antara eksekutif dan Legislatif ini memberikan kesan sebagai bentuk kesungguhan untuk mengsukseskan program-program pertanian di Kabupaten  Wajo. Sebagai bentuk Apresiasi  dari Direktur Tanaman Semusim dan Rempah Kementerian Pertanian R.I. Kepada Pemerintah Kabupaten Wajo untuk tahun Anggaran 2022,  kami akan merencanakan bantuan perluasan Tanaman Pala sebanyak 200 Hektar  dan untuk Peremajaan KaKAO kami tambah 100 Hektar. disamping itu untuk program tanaman lainya seperti Cengkeh, sawit dan kelapa Genjah kedepan tentu kami akan memperhatikan Kabupaten Wajo. Karena memang salah satu dasar untuk memberikan perhatian kepada Dinas pertanian kabupaten Wajo disamping Cepat dan juga serapan Anggarannya tinggi untuk Implementasi Peruntukannya,"jelasnya 




Setelah mendengar sambutan dan apresiasi bantuan Direktur Tanaman Semusim dan Rempah,  terhadap Pengembangan Pertanian Perkebunan Kabupaten  Wajo, Anggota Komisi II sangat Legah dan bersyukur, Tapi yang takkalah membanggakan Komisi II setelah pertemuan itu, yaitu dengan mendapatnya undangan kehormatan silaturahmi dari Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar, yang  juga sebagai Plt. Sekertaris Direktorat Jenderal Perkebunan, Ditjend Perkebunan Kementerian  Pertanian R.I,  Heru Tri  Widarto,  di ruang kerjanya.



Heru Tri Widarto juga sangat mengapresiai  Dinas Pertanian Kabupaten Wajo dengan amanah yang diberikan selaku Satker Mandiri selama 3 tahun mampu di embang dengan baik dimana realisasi Program dan serapan Anggaran selalu tepat waktu. Ini suatu prestasi yang patut dipertahankan sambil menunjuk Kasubdik Perkebunan Ibu Budhi Kusumawaty, SP, MP. dan Kadis pertanian Ir. Muh. Ashar. Beliau  Juga memperjelas bahwa apa yang disampaikan di atas terkait dengan Bantuan Peremajaan 100  hektar  Kakao untuk Tahun  2022 merupakan Bantuan dari bidang kami sebagai bentuk apresiasi pada Dinas Pertanian Kabupaten  Wajo karena tahun 2021 mampu menjalankan program Bantuan Peremajaan Kakao 100 Hektar  itu dengan tepat waktu. Dan tambahan 100 Hektar  lagi T/A 2022 itu, tidak tertutup kemungkinan akan kami tambah  tergantung juga dari perkembangan selanjutnya, paparnya (ADV)




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama