Sekda Wajo Hadiri Akreditasi Puskesmas Salewangeng

Sekda Wajo Hadiri Akreditasi Puskesmas Salewangeng

Thursday, August 29, 2019, August 29, 2019

Info Wajo- Tim Surveior Re- Akreditasi FKTP yang hadir di Kabupaten Wajo untuk melakukan Akreditasi di Puskesmas Salewangeng , Rabu 28 Agustus 2019.

Adapun Tim Surveior Re- Akreditasi FKTP kali ini diantaranya Abdul Kadar, SKM., M.Kes, dr. Hj.Wiwi Sri Widhowati, M Kes dan drg. Asniwaty Idris, MARS.

Adapun inti dari tugas Tim Surveior adalah memotret fakta fakta dan membandingkannya dengan standar akreditasi dan Melaporkan hasilnya ke komisi Akreditasi FKTP.

Dalam Sambutan Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo H. Amiruddin A, S.Sos., M.M. yang sekaligus menyambut Tim Survei menyampaikan secara pribadi kalau Bapak Bupati berkeinginan untuk hadir, tapi Bapak Bupati dengan adanya kegiatan yang sama pentingnya, maka dia memerintahkan kepada kami untuk mewakilinya, dan disampaikan kalau pada dasarnya pelayanan kesehatan sangat diperhatikan oleh Bapak Bupati Wajo.



"Selamat datang kepada tim Surveior di bumi Lamadukelleng dan dengan kedatangan Tim Surveior nantinya akan memberikan motivasi kepada Pemerintah Kabupaten Wajo, utamanya pada Dinas Kesehatan dan lebih utama kepada Puskesmas Salewangeng.

Juga dikatakan kalau bagaimana peningkatan layanan kesehatan sehingga manajemen mutu secara simultan memberikan kontribusi kepada kesehatan di Kabupaten Wajo, akreditasi merupakan salah satu syarat untuk kerjasama dengan BPJS mudah-mudahan Puskesmas Salewangeng mendapatkan akreditasi paripurna.

"Ini dapat tercapai atas dukungan dari lintas sektor dan stakeholder yang ada, program unggulan ini menciptakan inovasi dan ini dapat memberikan jawaban kongkrit baik internal maupun eksternal, sehingga Pemerintah hadir dalam memberikan pelayanan,  inti berpemerintahan adalah bagaimana kita memberi pelayanan kepada masyarakat, ketika ada keluhan maka kita harus memperbaiki, jangan sebatas ada akreditasi sehingga kita mau memberikan perbaikan, kita harus komitmen ini akan berlanjut terus," tegas H. Amuruddin A, S.Sos., M.M.

Lebih lanjut disampaikan kalau salah satu program dari 25 program unggulan Bapak Bupati dan Wakil Bupati Wajo yaitu dengan menghadirkan OTO DOTTORO,  ketika ada emergency maka mobil ini akan datang menjemput dan melakukan tindakan medis di dalamnya dan dengan aturan yang ada tentunya.

"Kami mengharapkan tiga hari kedepan dapat berjalan lancar ke depan, sehingga dapat akreditasi paripurna," ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo.

Sambutan dari Kepala Dinas Kesehatan drg. Nur Asri Idrus, M.Kes menyampaikan bahwa  pagi hari ini kita kedatangan Tim Surveior di Puskesmas, mereka berkumpul di Kabupaten Wajo dan diatur oleh tim akreditasi Dinas Kesehatan Republik Indonesia.

"Kita senantiasa mengharapkan penilaian mutu kesehatan, dan salah satunya Puskesmas Salewangeng dari 3 Puskesmas di Tempe ini Puskesmas salewangan yang pertama yang diakreditasi dan berikutnya juga di Kecamatan Belawa," ungkapnya.

Puskesmas Salewangeng sudah diakreditasi 3 tahun yang lalu sehingga harus memperlihatkan rekam jejak yang ada dalam proses akreditasi.

"Ada ratusan elemen yang harus disediakan secara otomatis harus berjalan demi peningkatan pelayanan kesehatan dan selama tiga hari kedepan mudah mudahan semuanya dalam kondisi yang sehat dan stamina prima juga ada ada pemotretan dari Madya ke Paripurna, ini harapan besar bagi kami dan juga mengharapkan petunjuk dan bimbingan daripada tim Surveior.

Drg. Andi Ela Hafid, M.Kes yang merupakan kepala Puskesmas Salewangeng, memperkenalkan Tim dari UPT Puskesmas Salewangeng Kabupaten Wajo satu persatu dan memberikan ucapan selamat datang kepada tim surveior.

Sedangkan sambutan dan arahan dari tim Surveior yang menyatakan ketua tim sangat surprise Atas kedatangan bapak Sekda dan kepala Dinas BLHD pada hari ini, dan atas kehadirannya di sini, sambutan Sekda Kabupaten Wajo bisa meyakinkan kalau kesehatan itu penting .

"Alhamdulillah juga atas sambutan yang luar biasa, demikian juga dengan kehadiran bapak Sekda Kabupaten Wajo yang sangat paham tentang kesehatan," ungkap Abdul Kadar, SKM., M.Kes.

Dan dikatakan kalau ada hal-hal yang sesuai SOP dan bangga dengan Inovasi Bupati Wajo yang akan mengadakan OTO DOTTORO yang nantinya sampai ke desa-desa, dan dikatakan kalau tim yang ada disini hanya disuruh saja untuk menilai, dan yang menetapkan lulus atau tidaknya ada di Jakarta.

Dan disampaikan bahwa tujuan akreditasi adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan keselamatan pasien, kedua perlindungan bagi sumber daya manusia kesehatan masyarakat dan lingkungannya serta FKTP dan yang ketiga kinerja FKTP dalam pelayanan kesehatan.

Selanjutnya Kepala Puskesmas Salewangeng drg. Andi Ela Hafid, M,Kes memberikan gambaran singkat tentang Puskesmas Salewangeng kepada tim survei dengan menjelaskan beberapa hal diantaranya  bahwa di Puskesmas Salewangeng terdapat 1 Pustu, 2 Poskesdes, 1 Poskeskel, 17 Posyandu, 1 Mobil Ambulance dan 1 Mobil Puskel yang sementara ini dijanjikan oleh Dinas Kesehatan.

Juga dijelaskan jenis jenis pelayanan di UPTD Puskesmas Salewangeng diantaranya upaya kesehatan masyarakat diantaranya dalam UKM Esensial yaitu Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kesehatan Lingkungan, Pelayanan KIA bersifat UKM, Pelayanan Gizi bersifat UKM, dan Pelayanan pencegahan dan pengendalian Penyakit.

Lebih lanjut dari UKM pengembangan diantaranya Upaya Kesehatan Sekolah ( UKS ), Upaya Kesorga, Upaya Kesehatan Lansia, Upaya Kesehatan Gigi dan mulut, Upaya Kesehatan Jiwa, Upaya Kesehatan Indera, Upaya Kesehatan Tradisional dan PIS-PIK.

Dan selanjutnya dari Upaya Kesehatan perorangan diantaranya Pemeriksaan umum, Pemeriksaan  Prioritas, Pemerikasaan Gigi dan  Mulut, Pemeriksaan KIA dan KB, Pelayanan Laboratorium, Pelayanan Farmasi, Klinik TB dan Kusta, Klinik Akupresur dan Klinik Konsultasi.

Dan juga ditampilkan Program Inovasi dari Puskesmas Salewangeng diantaranya Kelompok Remaja Sehat Peduli Anemia ( KARISMA), Temukan Lumpuh Layuh ( TEMU LAYUH ), Pencegahan Rabies dengan Surveilans dan Vaksinasi ( GALAXI ), Masyarakat Cantik tanpa Merkuri ( MA,CANTIK ), Masyarakat Bebas Pasung ( MAPPASENG ), Cegah Malaria dengan Survei Vektors ( CEMAS VEKTOR ), Mayarakat tanpa Kecacingan ( MANTAP CING ), Sabtu Rabu Sikat Gigi Massal Di Sekolah Dasar ( SABAR MAS ).

Kelurahan Aktif Kesehatan Olahraga ( KELAK KE SURGA), Berani Kendalikan Hepatitis pada Ibu Hamil ( BERKAH ), Gerakan Aksi Pecinta PHBS Sekolah ( GESIT PHBS ), Siap Kunjungi Keluarga Rawan ( SAKURA ) Ambulans Lancar Puskesmas Salewangeng ( ACAR SALEWANGENG ), Pelaporan Tepat Waktu ( LA TETTU ).

( Humas Pemkab  Wajo )

TerPopuler