Hari Pers Nasional, PMPRI Semangati Wartawan Untuk Tidak Lelah dan Terus Menjadi Sarana Informasi

Iklan

no-style

Hari Pers Nasional, PMPRI Semangati Wartawan Untuk Tidak Lelah dan Terus Menjadi Sarana Informasi

Admin
Tuesday, February 9, 2021, February 09, 2021 WIB Last Updated 2021-02-09T12:24:50Z


 INFOCHANELNASIONAL.COM, Maluku---Ketua DPD PMPRI Maluku, Erpan Tella. S.Sos  mengakui pers menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat, terutama dalam perannya menjadi referensi untuk mengetahui informasi dan isu-isu strategis di tingkat daerah bahkan nasional.


Pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 ini, Tella berharap pers tetap menjadi sarana informasi terpercaya untuk masyarakat, terutama saat bangsa Indonesia menghadapi kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang.



“Pers tidak boleh lelah dan harus terus semangat untuk menjadi sarana informasi terutama di masa pandemi seperti sekarang ini,” kata Ketua DPD PMPRI Maluku Erpan Tella S.sos, Selasa (9/2/2021) melalui via tlf selularnya.


Ketua Umum DPD PMPRI Maluku ini juga berharap pers tetap menjaga nilai-nilai kritisnya, berupaya selalu independen, dan menjunjung tinggi integritasnya.


Selamat Hari PERS Nasional kata ia di sela sela mengakhiri konfirmasi dan tanggapan


Sementara itu, menurut Saman Amirudin Patty selaku Kepala Biro Komando Garis Depan (Kogade) DPD LSM PMPRI Maluku, mengakui bahwa peran pers di masa pandemi sangat penting. Informasi positif yang disebarkan pers bisa berpotensi menciptakan rasa optimistis kepada masyarakat. Pers juga bisa berperan menangkal (hoaks) terkait Covid-19 serta isu isu miring lainnya.


Melalui independensi dan integritas pers, Patty mengaku pesan-pesan positif untuk membantu membangkitkan optimisme masyarakat menghadapi pandemi sangat bermanfaat. Sebab, dalam situasi saat ini, dibutuhkan kerja sama seluruh pihak untuk saling menguatkan.ucap (Kogade).


Lanjutnya, dalam rangka Hari Pers Nasional 2021 ia mengajak media massa untuk terus berkontribusi positif dalam menjernihkan keadaan di tengah disrupsi informasi.


"Pers dan Aktivis kemasyarakatan  faktanya tidak bisa dipisahkan. Untuk itu, kami berharap sinergi yang positif ini terus bisa dipertahankan demi kebaikan bangsa bersama," kata Saman Amirudin Patty, Selasa.


Kogade mengatakan pers dan aktivis memiliki peran dan fungsi strategis dalam pembangunan bangsa.


Pers bekerja menjadi penyebar informasi sekaligus menyampaikan pengetahuan yang berharga bagi khalayak.


Sebuah pekerjaan yang tidak mudah seiring semakin masifnya perkembangan dunia teknologi informasi digital. Cetus Patty


"Di sinilah tantangan insan pers nasional agar bisa beradaptasi sekaligus menjadi penjernih di tengah banjirnya informasi dari mana-mana," kata dia.


Tak sampai di situ, Kabid II (Litbang dan Investigasi) Ekdar Tella berharap pers terus memperhatikan fungsi sebagai penjernih informasi di tengah bertumbuhnya dampak kebebasan informasi dengan banyaknya kabar tidak benar (hoaks), ujaran kebencian dan hal-hal negatif lainnya.


Jika informasi negatif itu tidak diantisipasi bersama, kata dia, maka berpotensi besar mengoyak tatanan kehidupan di tengah masyarakat.



Kepala Bidang II Litbang dan Investigasi mengatakan hal yang sama yakni pers dan Aktifis hakikatnya memiliki tujuan sama yaitu menciptakan kedamaian dan ketenangan masyarakat melalui penyampaian informasi benar berbasis fakta.


Dengan begitu, tidak akan ada ketegangan, intoleransi atau aksi-aksi ekstremisme yang bisa merugikan daerah bangsa juga Negara. Tutup Kabid II Litbang dan Investigasi Dewan Pimpinan Daerah Provinsi Maluku DPD LSM PMPRI. (EKDAR)

Komentar

Tampilkan

  • Hari Pers Nasional, PMPRI Semangati Wartawan Untuk Tidak Lelah dan Terus Menjadi Sarana Informasi
  • 0

Terkini