Demi Pelayanan Terbaik, PDAM Tirta Asastra Kota Depok Saling Berinteraksi Tentang Hak dan Kewajiban Bagi Pelanggan

Iklan

no-style

Demi Pelayanan Terbaik, PDAM Tirta Asastra Kota Depok Saling Berinteraksi Tentang Hak dan Kewajiban Bagi Pelanggan

Admin
Monday, April 26, 2021, April 26, 2021 WIB Last Updated 2021-04-25T22:35:22Z



DEPOK,  Info Chanel Nasional– Guna membangun komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan, PDAM Tirta Asasta kota Depok terus mencoba mengingatkan tentang hak dan kewajiban bagi pelanggan.


Hak pelanggan PDAM Tirta Asasta diantaranya adalah mendapatkan pelayanan yang baik dan jujur, serta mendapatkan informasi yang benar, jelas, dan transparan mengenai prosedur pemasangan, pemakaian air dan pemanfaatan fasilitas pelayanan.


Hak pelanggan lainnya adalah melaporkan dan atau mengajukan pengaduan tagihan secara tertulis kepada perusahaan apabila diyakini bahwa tagihan tidak sesuai pemakaian air.


Pelanggan juga memiliki hak untuk menginformasikan kepada perusahaan bila pelayanan mengalami gangguan serta mendapatkan air hasil produksi PDAM dengan kualitas sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 492/MENKES/PER/IV/2010 atau perubahannya (jika ada).


Pelanggan PDAM Tirta Asasta juga berhak mengajukan permohonan secara tertulis apabila akan melakukan pemindahan atau perubahan terhadap instalasi pipa dinas dan/atau meter air.


Selain itu berhak mengajukan permohonan secara tertulis apabila akan melakukan perubahan identitas pelanggan, serta mengajukan permohonan secara tertulis apabila ingin melakukan penutupan sementara aliran air bersih ke persil untuk paling lama 1 (satu) tahun, dengan ketentuan melunasi terlebih dahulu seluruh kewajiban termasuk beban tetap selama penutupan.


Hak pelanggan yang sangat penting bagi PDAM Tirta Asasta adalah dimana setiap pelanggan berhak mendapatkan pasokan Air PDAM selama 24 jam pada radius pelayanan sampai dengan 5 kilometer serta selama 20 jam pada radius pelayanan 5 kilometer sampai dengan pelanggan terjauh dari Instalasi Pengelolaan Air (IPA).


Penjelasannya, pasokan air tersebut diberikan oleh PDAM di luar adanya pemeliharaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) terjadwal, seperti pemeliharaan IPA dan kelengkapannya, pemeliharaan jaringan pipa, pemeliharaan mekanikal elektrikal dan pemeliharaan resevoir, serta kondisi yang terjadi di luar kendali antara lain tetapi tidak terbatas seperti terjadinya banjir, terganggunya kualitas air baku dan lain-lain.


Sementara kewajiban pelanggan PDAM Tirta Asasta meliputi wajib membayar tagihan air dan beban tetap serta denda (bilamana ada) secara periodik dan konsisten pada tempat-tempat pembayaran dan fasilitas resmi setiap bulannya.


Selain itu pelanggan juga berkewajiban memberikan izin atau akses kepada petugas untuk kepentingan pembacaan/pencatatan meter air, pemeliharaan, perbaikan,  pemeriksaan, penggantian, penyegelan, pemutusan, dan pemindahan instalasi pipa persil, serta kepentingan administrasi lainnnya.


Pelanggan PDAM Tirta Asasta juga berkewajiban memelihara sambungan langganan persil sampai dengan meter air agar selalu dalam keadaan baik atas biaya pelanggan.


Yang terakhir, pelanggan wajib melaporkan segera bila menjumpai kebocoran pipa persil dan atau pipa distribusi air bersih kepada petugas secepatnya.( Gus ).

Komentar

Tampilkan

  • Demi Pelayanan Terbaik, PDAM Tirta Asastra Kota Depok Saling Berinteraksi Tentang Hak dan Kewajiban Bagi Pelanggan
  • 0

Terkini