Bupati Wajo Kunjungi Wisata Kuliner Wiring Galung di Belawa, Berdayakan Tenaga Kerja Lokal



WAJO-ICN---- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo di bawah kepemimpinan Amran Mahmud mendukung penuh pengembangan destinasi wisata di Bumi Lamaddukelleng. Sektor ini diharapkan bisa menjadi penunjang untuk peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dan terciptanya lapangan kerja.


Kini satu lagi destinasi wisata hadir Wajo. Namanya Wirgal yang merupakan akronim dari Wiring Galung dengan konsep kuliner khas Bugis. Berlokasi di Desa Sappa, Kecamatan Belawa. Rencananya akan diluncurkan pada Agustus nanti. 


Amran Mahmud berkesempatan mengunjungi tempat ini, Minggu (18/7/2021) kemarin. "Insya Allah kita akan terus mendukung melalui sinergitas pemerintah desa dan kabupaten dalam pengembangan destinasi wisata tersebut," ungkap Amran Mahmud.


Menurutnya, salah satu program kerja nyata dalam pemerintahannya bersama Wakil Bupati Wajo, Amran, S.E., adalah menciptakan ribuan entrepreneur di Wajo. Dengan kehadiran destinasi wisata Wirgal ini diharapkan memberdayakan tenaga kerja lokal.


"Kita harapkan pihak dari destinasi wisata baru ini agar memberdayakan tenaga kerja lokal nantinya dalam pengoperasiannya," harapnya.


Amran Mahmud juga berpesan agar Wirgal dikelola dengan baik dan mempunyai ciri khas tersendiri. "Kalau bisa ikannya nanti ditangkap pada saat mau diolah sesuai pesanan pengunjung agar segar. Begitu juga dengan cobek-cobek agar diracik pada saat mau dihidangkan agar cita rasanya lebih terasa. Di samping itu agar bahan-bahannya dipasok oleh masyarakat sekitar agar terjamin kualitas dan keorganikannya," pesannya.


Kepala Dinas Pariwisata Wajo, Dahniar Gaffar, mengapresiasi masyarakat yang telah berinovasi membuat destinasi baru Wirgal berbasis kuliner khas Bugis.


Dahniar mengungkapkan, pihaknya terus mendorong pengembangan potensi objek wisata yang unik, alami, dan mencirikan karakter lokal. Kekhasan kuliner khas Bugis inilah nantinya yang menjadi magnet pariwisata yang mampu menarik kunjungan wisatawan.


"Pemerintah kabupaten terus mendorong potensi dan daya kreasi masyarakat, menguatkan inovasi dan kolaborasi yang berbasis masyarakat lokal dengan segala keunikan dan kekhasannya," bebernya.


Sementara, pemilik Wirgal, Ansar Messa, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Wajo yang telah berkunjung dan bahkan mendukung pembangunan destinasi wisata ini.


Menurutnya, dalam menu makanan, akan menyajikan kuliner khas bugis. Selain itu, juga disiapkan tempat pemancingan sambil menunggu menu disiapkan. 


"Kita juga menyiapkan taman bermain untuk anak-anak. Hal ini sebagai uapaya untuk mrningkatkan pelayanan kepada pelangga. Karena rata-rata, kan, para pelanggan membawa anak-anak sehingga sambil menunggu menu, anak-anak mereka juga bisa bermain," ungkapnya. Ansar mengharapkan, Wirgal ke depannya bisa menjadi ikon di Belawa bahkan di Wajo. (Adv)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama