Banjir dan Longsor, Amran Mahmud Kumpulkan Perangkat Daerah Minta Segera Lakukan Evakuasi dan Pembersihan

Amran Mahmud Pantau Banjir dan Longsor Paska hujan deras

 


WAJO - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Wajo dan merata di beberapa kabupaten tetangga, Jumat malam (27/8/2021), mengakibatkan beberapa wilayah terendam banjir dan tanah lonsor.


WAJO,INFOCHANELNASIONAL.COM---Bupati Wajo, Amran Mahmud, dengan cepat segera memanggil para kepala perangkat daerah terkait ke rumah jabatan, Sabtu (28/8/2021), untuk pengarahan sebelum mengunjungi langsung beberapa titik terdampak.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Andi Muslihin, Kepala Dinas Sosial P2KBP3A, Ahmad Jahran, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Ashar, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman, Andi Aso Ashari, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Andi Muhammad Baso Iqbal, Camat Tempe, Supardi, serta mewakili Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Turut hadir Pj Sekda, Andi Ismirar Sentosa.


Usai pengarahan, Amran Mahmud kemudian mengunjungi beberapa titik lokasi terdampak akibat hujan deras semalaman itu. Wakil Bupati Wajo, Amran, Ketua DPRD Wajo, Andi Muhammad Aluddin Palaguna, Dandim 1406 Wajo, Letkol Inf Muhamad Juanda Dinata, Anggota DPRD Wajo, Sudirman Meru, dan Direktur PDAM, Andi Dedi bergabung pada titik kunjungan.








Titik pertama yang dikunjungi adalah tanah longsor di Kelurahan Pattirosompe, Kecamatan Temoe. Di sana, Amran Mahmud berinteraksi dan  mendengarkan aspirasi dari masyarakat setempat.


Amran Mahmud kemudian melanjutkan meninjau saluran air primer di Jalan Sawerigading, Kelurahan Pattirosompe. Setelah itu menuju ke titik tanah longsor di Jalan Serikaya, Kelurahan Siengkang, Kecamatan Tempe. 

Amran Mahmud mendapati tim dari Unit Pemadam Kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Pemadam Kebakaran, sedang melakukan pembersihan kayu yang tumbang. 


Untuk pembersihan longsoran yang mengakibatkan akses Jalan Serikaya terputus tersebut, Amran Mahmud meminta alat berat Dinas Lingkungan Hidup untuk membersihkan. Sementara Satgas Kebersihan DLH dan Kecamatan Tempe diharapkan untuk membantu.


Dari sana, Amran Mahmud kemudian meninjau saluran air di Jalan W.R. Mongisidi dan saluran primer di Jalan Lembu, Tempe. Di sela kunjungan ke titik lokasi bencana, Amran Mahmud juga menyempatkan menyerahkan Bantuan dari Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial Sulsel dan Dinas Sosial P2KBP3A Wajo kepada korban kebakaran di Jalan Jawa, Sengkang, yang terjadi baru-baru ini.


Amran Mahmud meminta kepada kepala perangkat daerah terkait untuk mengupayakan solusi terbaik dari kondisi yang dikunjunginya serta titik lain terdampak.


"Setelah kita melihat langsung kondisi di lokasi, saya minta kepada kita semua untuk mengupayakan solusi terbaik. Untuk saat ini, saya minta kepada unit-unit penanganan bencana di perangkat daerah untuk membantu evakuasi dan pembersihan di titik prioritas," ucap Amran Mahmud kepada kepala perangkat daerah yang mendampingi.


"Untuk penanganan yang menjadi kewenangan pusat dan provinsi, silakan buatkan permohonan, nanti kita bantu untuk menyampaikan," tambahnya.


Amran Mahmud juga menyampaikan, untuk wilayah Kecamatan Tempe, hujan semalam menyebabkan naiknya debit air Sungai Walennae-Cenranae yang menjadi buangan akhir drainase sehingga menyebabkan beberapa titik terjadi luapan air.


"Untuk Tempe, kita akan upayakan pembersihan dulu dan pembenahan drainase," ucap Amran Mahmud.


Usai salat zuhur bersama rombongan di Tempe, Amran Mahmud bersama rombongan Forkopimda dan jajaran perangkat daerah melanjutkan peninjauan ke kecamatan lainnya. Di sela-sela kunjungan di lokasi terdampak, Amran Mahmud terlihat sesekali menyapa dan menyemangati masyarakat. (red)


Editor:Muhlis

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama