Bupati Wajo Buka Raker Satgas Pramuka Peduli di Siwa

Amran Mahmud Buka Raker Satgas Pramuka

 WAJO -INFOCHANELNASIONAL.COM--- Satuan Tugas (Satgas) Pramuka Peduli Kwartir Cabang (Kwarcab) Wajo baru satu bulan dikukuhkan. Kehadiran dan kinerjanya dalam membantu pemerintah maupun masyarakat telah mendapat pengakuan.


Demi mewujudkan konsolidasi dan koordinasi organisasi terus berjalan dengan baik, Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Wajo melaksanakan orientasi, rapat kerja (raker), dan latihan dasar (latsar). Kegiatan berlangsung di Pusat Pelelangan Ikan (PPI), Pelabuhan Bangsalae, Kecamatan Pitumpanua, Jumat malam (17/9/2021).


Bupati Wajo, Amran Mahmud yang terbiasa beraktivitas dari pagi hingga tengah malam, hadir langsung memberikan wejangan kepada seluruh elemen di Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Wajo. "Kita berkumpul tentunya punya tujuan yang mulia," kata Amran Mahmud saat membuka kegiatan.


Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Wajo itu mengatakan, salah satu upaya yang telah dilakukan Gerakan Pramuka adalah menyelenggarakan program Pramuka Peduli. Ini sebagai bentuk bakti kepada masyarakat, bangsa, dan negara dalam bidang kemanusiaan, penanggulangan bencana, maupun pelestarian lingkungan hidup.


Selain itu, Pramuka Peduli merupakan bentuk peran serta aktif dari anggota Gerakan Pramuka untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam situasi tertentu. 


"Pelaksanaan program Pramuka Peduli memiliki dua dimensi pokok, yakni sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial kemasyarakatan serta perwujudan dari implementasi janji (satya) pramuka," ujarnya.


Amran Mahmud yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Wajo mengatakan, Gerakan Pramuka membentuk Pramuka Peduli supaya menciptakan kader yang memiliki watak sosial dan pengabdian masyarakat tinggi dalam rangka kepedulian terhadap berbagai masalah kemasyarakatan.


"Tujuan umum Pramuka Peduli yaitu mengembangkan potensi pramuka, baik sebagai pribadi, kelompok, maupun organisasi untuk menyukseskan pelaksanaan upaya pengembangan sumber daya manusia, penanggulangan bencana, dan pelestarian lingkungan hidup," ujarnya.


Tidak lupa, Ketua PAN Wajo itu menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas peran relawan Pramuka Peduli yang terus berupaya membantu pemerintah dan masyarakat dalam penaggulangan pandemi Covid-19. 


"Sejak awal Maret 2020 hingga saat ini, anggota Gerakan Pramuka di berbagai jajaran dan jenjang senantiasa ikut secara aktif berpartisipasi dalam membantu pemerintah dan masyarakat untuk memutus mata rantai penyebarannya," ungkapnya.


Amran Mahmud juga berpesan kerja sama dan kemitraan multipihak terus dilakukan sehingga dapat diimplementasikan secara baik, teratur, dan terarah, dalam upaya untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka.


"Kata kunci untuk semuanya adalah kemitraan dan kolaborasi multipihak. Menjadi kewajiban bagi Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Wajo untuk mengembangkannya dengan berbagai pihak. Semoga bisa memberi pencerahan bagi seluruh dan segenap anggota Gerakan Pramuka sehingga bisa berperan aktif secara terus-menerus dalam pembangunan masyarakat, bangsa, dan negara ke depan," harapnya.


Turut hadir dalam kegiatan ini, yakni Ketua Satuan Reaksi Cepat Pramuka Peduli Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan, Muh. Ihsan Idris, Sekretaris Kwarcab Gerakan Pamuka Wajo, Alamsyah Tahir, dan Ketua Satuan Tugas Pramuka Peduli Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Wajo, Elfrianto.


Juga hadir unsur Tripika Pitumpanua selaku anggota Majelis Pembimbing Ranting beserta seluruh jajaran anggota Mabiran Gerakan Pramuka  Pitumpanua, pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Wajo, Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka se-Kwarcab Wajo, serta panitia pelaksana dan instruktur orientasi, raker dan latsar, maupun undangan lainnya. (ADV)

Editor: Muhlis

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama