Perdana SMA Islam AL Akhyar Makassar Menyelenggarakan Al Akhyar LeadershipTraining (ALT)

FOTO: Pembukaan ALT di SMA Islam Al Akhyar Makassar

MAKASSAR,INFOCHANELNASIONAL.COM---Al Akhyar LeadershipTraining (ALT) dilaksanakan di SMA Islam Al Akhyar Makassar.Jum’at (15/10/2021) ALT merupakan latihan dasar Kepemimpinan siswa sebagai bentuk pengembangan diri bagi siswa-siswi calon pengurus organisasi sekolah. ALT kali ini diselenggarakan dengan gabungan dua organisasi yakni OSIS dan Pramuka.


ALT  diselenggarakan 3(tiga) hari, dimulai tanggal 15 sampai  17 Oktober 2021dengan diikuti oleh  seluruh siswa-siswi SMA  Islam Al Akhyar tersebut,  mengusung tema “Menumbuhkan Kader Leadrship yang Unggul dan Berakhlak”. Kader Leadership adalah terciptanya generasi yang  memiliki kecakapan dalam memimpin kelompok untuk mencapai satu tujuan yang telah disepakati bersama. Kecakapan yang diharapkan dapat menumbuhkan generasi yang unggul dalam prestasi serta berakhlak dalam perilaku. Hal ini, berkesesuaian dengan profil pelajar pancasila yang memiliki 6 Pilar yakni Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, Berkebinekaan Global, Bergotong Royong, Kreatif, Bernalar Kritis dan mandiri.


Kepala SMA Islam Al Akhyar Makassar yang juga sebagai kepala Sekolah Penggerak, M. Awaluddin memberi kesempatan seluas-luasnya kepada siswa-siswinya untuk mengembangkan diri dalam Kegiatan ALT ini. “Sudah saatnya kalian mengekspresikan diri dalam setiap karya yang kalian buat, sebagai angkatan pertama, saatnyalah kalian membangun pondasi organisasi OSIS dan Pramuka ini sebagai cikal bakal dan bekal untuk adik-adik kalian di masa mendatang,” ucapnya dalam  sambutannya ketika membuka acara ALT.


“Tantangan terbesar organisasi bukan saat kita mengikuti LDK/ ALT tetapi tantangan sesungguhnya adalah bagaimana menemukan, merancang dan merealisasikan ide dan gagasan. Seorang pemimpin layaknya pemimpi, ia mampu mengaktualisasikan mimpi-mimpinya menjadi gagasan-gagasan yang siap untuk direalisasikan di dunia nyata.” Lanjutnya memberi Motivasi.




Penyelenggaraan ALT tentu sangat berbeda bila dilaksanakan di masa pandemi. Hal ini sangat berpengaruh terhadap ruang gerak pemateri dan para peserta. “Sebagai bentuk ikhtiar kita dalam melawan covid-19, 100% peserta dan pemateri telah melakukan Vaksinasi tahap satu dan dua. Selain itu, Panitia juga telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, menyediakan tempat cuci tangan dan handsanitizer di setiap titik lokasi terselenggaranya kegiatan” Kata Ketua Panitia ALT Ibu Nuraeni di sela-sela acara.


Dalam tinjauan kami sebagai media yang meliput kegiatan tersebut, kegiatan berjalan dengan lancar tanpa mengurangi nilai-nilai ALT yang telah direncanakan oleh panitia sebelumnya. Nuraeni menguatkan “Pandemi tidak seharusnya menghalangi langkah kami untuk membangun kader Leadeship”.


Di akhir pertemuan, Nuraeni mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh orang tua siswa yang telah mengizinkan putra-putrinya untuk mengikuti ALT dengan dibuktikan surat izin yang ditanda tangani oleh orang tua/ wali siswa. (Awl)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama