Pengertian dan Manfaat Sensor LiDAR pada iPhone 12 Pro

 


httpbs://www.pexels.com/photo/holding-a-smartphone-5054355/

Apple sebagai produsen barang elektronik kenamaan dunia baru-baru ini telah merilis iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Yang menjadi perhatian masyarakat adalah adanya teknologi baru bernama sensor lidar pada kedua jenis smartphone terbaru tersebut.

Sensor ini merupakan teknologi inovatif yang sebelumnya belum pernah ada pada smartphone manapun. Sehingga tentu saja dengan adanya fitur ini mampu menarik perhatian masyarakat untuk menggunakan smartphone keluaran terbaru dari brand iPhone.

Namun apa itu sensor LiDar? Dan apa saja fungsinya? Nah untuk mendapatkan setiap jawaban dari pertanyaan tersebut, langsung saja simak informasi berikut ini agar bisa mengenal fitur sensor LiDar lebih jauh. Let’s check this out!

Mengenal Sensor LiDAR pada iPhone 12 Pro Lebih Dekat

Sensor LiDar sendiri merupakan singkatan dari Light Detection and Ranging yang merupakan sebuah fitur untuk memantulkan cahaya dari sebuah objek di sekitar. Tujuannya untuk mengukur jarak menurut waktu yang diperlukan cahaya dalam pemantulan kembali.

Teknologi inovatif satu ini pertama kali dikenalkan pada perangkat iPad Pro sejak bulan Maret lalu, dengan fungsi umum sebagai augmented reality atau AR. Bahkan tercatat sejak fitur sensor LiDar ini muncul, penjualan Apple naik cukup pesat dalam beberapa waktu terakhir.

Sesuai dengan pengertian sensor LiDAR di atas, AR memungkinkan pengguna untuk menempatkan sebuah item digital di dunia nyata. Dimana nantinya dapat dilihat menggunakan layar smartphone.

Sensor inipun dinilai lebih cepat dan mudah dibandingkan kamera biasa saat hendak memindai ruangan. Sensor LiDAR juga mampu mengurangi waktu fokus di lingkungan dengan cahaya rendah hingga 6 kali.

Tidak hanya sampai di sana, ternyata sensor LiDAR juga memiliki beberapa fakta unik lainnya yang wajib Anda ketahui seperti yang akan kami bahas lebih lanjut di bawah ini.

1.     Letak Sensor LiDAR

Untuk menemukan sensor LiDAR Anda harus menggunakan iPhone 12 Pro terlebih dulu. Pasalnya sensor optik satu ini berada tepat di bagian belakang smartphone iPhone 12 Pro pada samping tiga lensa kamera.

Sensor LiDAR ini berbentuk lingkaran gelap sebelah lampu kilat dan karena letaknya inilah yang membuat sensor LiDar hanya berfungsi bersamaan dengan kamera belakang saja.

2.     Cara Menggunakan Sensor LiDAR

Sensor LiDar merupakan fitur sistem yang hanya bisa digunakan pada aplikasi iPhone di belakang layar dan Anda tidak bisa menggunakan sensor tersebut secara langsung. Sehingga akan lebih baik jika Anda melihat peningkatan aplikasi untuk menggunakannya.

Nah agar cara menggunakan sensor LiDAR pada iPhone 12 Pro ini maksimal, maka Anda bisa menggunakan aplikasi Apple’s Measure yang dapat memindai lingkungan dan juga memungkinkan pengguna melakukan pengetukan titik tertentu untuk menghitung panjang, jarak, area, dan lain sebagainya.

Sensor LiDar akan membantu pengguna untuk melakukan pengukuran yang efektif, cepat, dan akurat dibandingkan hanya menggunakan kamera biasa saja. Pasalnya sensor LiDAR mampu menghasilkan detail yang lebih halus.

3.     Pengaruh Sensor LiDAR Terhadap Kamera iPhone

Kamera TOF yang ada pada smartphone iPhone cenderung digunakan hanya untuk meningkatkan akurasi atau kecepatan fokus saja, nah lensa LiDAR ini juga melakukan tugas yang sama. Hanya saja Apple menjanjikan fokus hingga 6 kali lebih baik pada lingkungan dengan cahaya yang redup.

Hal ini memungkinkan sensor LiDar dapat digunakan untuk meningkatkan efek mode potret malam agar mendapatkan hasil yang lebih tajam. Bahkan sensor optik inipun dapat menambah lebih banyak gaya 3D pada foto.

4.     Fungsi Sensor LiDAR untuk AR

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya bahwa manfaat sensor LiDAR erat kaitannya dengan AR.  Pasalnya sensor ini disematkan langsung pada perangkat AR untuk meningkatkan ruang secara tepat dan cepat pada kinerjanya.

Pasa sistem AR terbaru berbasis sistem operasi iOS 14 yang telah ditenagai oleh chip Bionic 14 menggunakan sensor LiDar untuk menyisipkan setiap objek virtual pada bagian belakang objek nyata dan menempatkannya ke dalam peta ruangan yang lebih rumit.

Umumnya sensor LiDAR digunakan untuk menggabungkan beberapa objek, ruang 3D, dan juga lapisan pencitraan foto atau yang biasa disebut sebagai fotogrametri. Karena hal inilah yang membuat fitur LiDar menjadi tren baru dalam berbagai bidang lainnya seperti renovasi bangunan, jurnalisme, dan juga media sosial.

Nah, jika dilihat dari informasi yang sudah kami bahas di atas, tentunya dapat ditarik kesimpulan bahwa sensor lidar merupakan fitur yang sangat berguna. Sensor optik yang satu ini dapat membantu Anda untuk melakukan pengukuran kedalaman objek menggunakan cahaya. Kelebihan iPhone 12 Pro menjadi salah satu perangkat yang memiliki fitur ini untuk mengoptimalkan AR.

Dan kini Anda bisa mendapatkan pilihan produk iPhone 12 Pro di Blibli dengan harga yang ramah di kantong. Bahkan Blibli pun terdepan dalam menyuguhkan promo menarik seperti adanya potongan harga hingga 30%, voucher cashback, dan juga harga miring saat flash sale.

Semua produk iPhone 12 Pro yang ada di Blibli terjamin bergaransi resmi dan berasal dari produsen yang terpercaya. Anda tidak akan menemukan produk abal-abal di Blibli karena hampir kebanyakan seller telah berhasil mendapatkan bintang 5.

Agar lebih memanjakan Anda, Blibli juga selalu menyediakan voucher gratis ongkir ke seluruh Indonesia untuk setiap pembelian produk elektronik. Jadi Anda bisa belanja iPhone 12 Pro dengan hemat.

Bukan hanya iPhone 12 Pro saja tetapi Anda juga akan menemukan puluhan jenis smartphone dan jenis produk lain yang tidak kalah berkualitasnya. Oleh karena itu, yuk segera unduh aplikasi Blibli untuk merasakan sensor lidar dari smartphone iPhone 12 Pro sekarang juga.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama