Cara Memilih Teko Listrik Yang Aman Buat di Rumah

 

Sumber foto:Toko Pedia

INFOCHANELNASIONAL.COM---Teko listrik adalah peralatan yang dipakai untuk memanaskan air dengan energi listrik. Alat ini lebih praktis daripada teko biasa. Selain praktis, Anda juga menghemat gas dan ada juga fitur-fitur lainnya yang membuat teko aman untuk pemakaian di rumah.

Sejauh ini, ada berbagai macam ketel listrik dengan kelebihannya masing-masing. Ada banyak pertimbangan ketika akan memilih teko dengan tenaga listrik.

Tips Cermat Berburu Teko Listrik Buat di Rumah

Anda bisa memilih teko yang ukurannya besar atau kecil. Ada juga opsi yang memiliki watt besar atau kecil. Berikut ini adalah beberapa tips bagaimana memilih teko listrik untuk dipakai di rumah.

1.     Kapasitas

Ketel listrik memiliki kapasitas yang berbeda-beda, jadi Anda perlu menyesuaikan kapasitas teko dengan keperluan Anda sehari-hari. Biasanya teko ada yang dari 1 liter sampai 2 liter. Kalau Anda hanya sendirian, maka teko dengan kapasitas 1 liter sudah cukup memadai.

Tapi, kalau Anda biasa kedatangan tamu, maka Anda perlu teko yang besar untuk menghidangkan 4-5 cangkir teh atau kopi. Pilih kapasitas teko listrik sesuai kebutuhan. Jadi, Anda bisa masak air tanpa harus melakukannya berkali-kali.

2.     Bahan Teko Listrik

Harga juga menentukan material yang dipakai oleh teko listrik. Biasanya kalau harga murah maka teko terbuat dari material yang murah juga. Tentu fakta ini juga penting bila Anda ingin membeli teko yang tahan lama dan awet karena terbuat dari material berkualitas.

Selain harga, jangan lupa perhatikan jenis material teko listrik. Pemanas air berbahan plastik biasanya lebih murah, tapi memiliki risiko terbakar, kesetrum, dan lain sebagainya.

Teko yang lebih mahal biasanya terbuat dari stainless steel. Ini adalah bahan yang paling pas untuk teko yang dipakai untuk memanaskan air yang dialiri oleh listrik.

3.     Waktu Merebus

Alasan mengapa listrik dipakai untuk produk seperti teko adalah karena kepraktisan dalam mematangkan air. Waktu merebus juga perlu  jadi pertimbangan ketika akan membeli teko yang dialiri listrik.

Dengan demikian, Anda tidak perlu menunggu waktu lama untuk menunggu air matang. Pastikan Anda memakai teko yang memiliki kecepatan merebus air dengan cepat. Umumnya ketel listrik membutuhkan waktu sekitar 3-4 menit untuk merebus air.

Ada produk yang memiliki pilihan kecepatan dan volume panas, tapi ada juga model yang mematangkan air lebih cepat atau lebih lama. Fitur ini bisa jadi pertimbangan ketika memilih teko listrik untuk kebutuhan Anda sehari-hari di rumah.

4.     Teko yang Bisa Menjaga Air Tetap Hangat

Hal lain yang perlu jadi pertimbangan ketika membeli teko dengan tenaga listrik adalah fitur yang bisa menjaga air tetap hangat setelah matang. Ini adalah fitur canggih yang tidak ada di setiap teko. Beberapa produk teko memiliki fitur yang beberapa opsi kehangatan.

Umumnya model teko mampu menjaga suhu air yang hangat dari 30 menit sampai 1 jam. Kalau lebih lama, Anda perlu menyalakan teko lagi untuk membuatnya lebih panas. Pastikan Anda membandingkan beberapa teko listrik untuk mendapatkan yang paling pas.

5.     Kapasitas Listrik

Saat Anda memilih ketel listrik, sesuaikan dengan tegangan listrik di rumah. Anda tentu tidak ingin listrik di rumah padam ketika menyalakannya. Biasanya memang daya listrik yang diperlukan teko listrik tidak terlalu besar seperti televisi atau listrik.

Walaupun demikian, Anda perlu mengetahui daya yang dibutuhkan untuk bisa menghidupkan ketel listrik. Jadi, bagi Anda yang tinggal di kosan atau rumah kontrakan bisa menyesuaikan produk teko yang dibeli dengan daya listrik yang dibutuhkan.

6.     Fitur Canggih

Teko memiliki satu fungsi yakni memanaskan air sampai mendidih. Tapi, ada beberapa yang memiliki fitur yang canggih baik dari segi keamanan atau dari kecepatan untuk mendidihkan air. Tentu Anda perlu  mempertimbangkan fitur teko bila ingin memakainya dengan aman.

Anda bisa memilih teko yang dilengkapi dengan auto-shut off atau boil dry protection. Auto-shut off memungkikan teko untuk mati dengan sendirinya ketika air sudah mendidih. Kalau Anda ingin tambahan proteksi ekstra, ini adalah fitur yang bisa dipertimbangkan.

Selain itu, ada juga fitur pemilihan suhu yang bisa dipakai untuk memilih tingkat didih air. Beberapa produk ketel listrik ada yang mulai dari 175 sampai 200 derajat. Ini bisa menjadi fitur yang membantu bagi Anda yang membutuhkannya.

7.     Kepraktisan

Ada beberapa bentuk dari teko yang bisa Anda pertimbangkan saat akan membelinya, misalnya teko listrik yang tanpa tali. Tentu Anda jadi lebih nyaman ketika menuang air dan memasangnya ketika tidak ada kabel yang menahan saat dituangkan.

Ketel listrik dengan pegangan anti slip juga memberikan kenyamanan saat memasak air dalam teko. Anda bisa beli teko listrik yang sesuai budget. Kebanyakan model teko yang dialiri listrik saat ini sudah ada pegangan anti slip.

Itulah beberapa tips memilih teko listrik yang bisa jadi pertimbangan ketika Anda akan membelinya. Untuk kebutuhan rumah Anda, bisa membeli teko yang besar atau kecil. Agar lebih aman, Anda bisa membeli teko yang dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan.

Untuk membandingkan beberapa produk teko listrik yang pas, Anda bisa mengecek aplikasi Blibli, dan memilih berbagai teko listrik sesuai dengan keinganan Anda.

Blibli adalah marketplace besar dengan berbagai toko online yang menawarkan produk-produk yang memakai teknologi listrik, termasuk teko listrik. Temukan teko yang paling pas untuk Anda, hanya di Blibli.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama