Ini Tahapan Pemilu di Kabupaten Wajo, Buka Langsung Link KPU di Bawah

Ketua KPU tengah 

WAJO, INFOCHANELNASIONAL.COM--KPU Kabupaten Wajo mengadakan Coffe Morning dan sosialisasi seputar tahapn pemilu serenrak 2024. Selasa, 15/11/2022.

Pelaksanaan Pemilu tahun 2024 sangat berbeda dari tahun sebelumnya dimana untuk pertama kalinya diadakan pemilihan secara serentak di tahun yang sama. Pemilihan Umum sendiri merupakan ajang kontestasi politik perebutan kursi kekuasaan, sehingga banyaknya kerawanan potensi pelanggaran yang patut diwaspadai penyelenggara dalam mensukseskan gelaran Pesta Demokrasi 5 tahunan tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Ketua KPU Kabupatem Wajo, Haedar, bahwa pemilu serentak sangat berbeda dari sebelumnya, dan sangat penting dari awal kita berikan edukasi kepada para pemilih untuk melek media agar tidak terjebak di jurang hitam, ujarnya

Sementara Zainal Arifin selaku anggota KPU Divisi Sosialisasi menuturkan bahwa Pemilu 2024 merupakan Pemilu serentak dan terbesar dari tahun sebelumnya atau dapat dikatakan sebagai gelaran pesta demokrasi yang kompleksitas.

Pada kesempatan ini, ia juga memaparkan terkait PKPU dengan dasar hukum UU Nomor 7 Tahun 2017 dan teknis penyelenggaraan tahapan Pemilu 2024 dengan tujuan agar dapat tersampaikan kepada publik secara jelas melalui media/pers. Berkaca dari tahun sebelumya bahwa banyak tantangan dan kecurangan yang dialami penyelenggara pada ajang Pemilu sehingga menjadi bahan evaluasi di tahun 2024 mendatang.

“Sudah menjadi kewajiban KPU untuk menyiapkan seluruh informasi terkait dengan tahapan Pemilu dan pentingnya peranan media/pers untuk berkolaborasi dalam menyampaikan informasi tahapan kepemiluan lainnya,” ujar Zainal.

Berdasarkan PKPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024, bahwa KPU RI telah menetapkan tanggal 14 Februari 2024 sebagai hari Pemilu Serentak dengan rangkaian kegiatan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Serta untuk gelaran Pemilukada akan dilaksanakan pada 27 November 2024 dengan rangkaian kegiatan pemilihan Gubernur, Bupati serta Walikota.

Untuk info tahapan Pemilu lainnya dapat diakses secara publik melalui laman KPU RI https://infopemilu.kpu.go.id atau info terkait dengan perkembangan tahapan Pemilu di Kabupaten Wajo secara mudah diakses melalui laman KPU Kab. Wajo https://kab-wajo.kpu.go.id ( Muhlis) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama