Mahasiswa KKN DK-UINAM Posko Siwa Gelar Lomba Taman Bunga

Iklan

no-style

Mahasiswa KKN DK-UINAM Posko Siwa Gelar Lomba Taman Bunga

Admin
Thursday, March 18, 2021, March 18, 2021 WIB Last Updated 2021-03-18T13:10:20Z


INFOCHANELNASIONAL.COM, Wajo---Mahasiswa KKN-DK 65 UIN Alauddin Makassar (UINAM) posko Siwa, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan ( Sulsel)  menggelar lomba taman bunga terkreatif bagi warga se-Kelurahan Siwa. Tahapan lomba tersebut berlangsung selama 6 hari mulai 13 - 18 Maret 2021.

Koordinator Desa (Kordes) KKN UINAM Posko Siwa, Aryandi Saputra mengatakan, lomba taman bunga terkreatif tersebut merupakan salah satu program kerja (proker) yang telah disusun dan akan dilaksanakan selama 45 hari KKN.

"Lomba taman bunga ini sepakat kami pilih karena melihat tanaman hias sedang populer dan trend di masyarakat terutama bagi kaum ibu-ibu," tuturnya usai acara pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah lomba di Kantor Kelurahan Siwa, Kamis (18/3).

Lanjut Aryandi, lomba tersebut juga dipilih sebagai bentuk penerapan metode Asset-Based Community Development (ABCD) yakni pengembangan masyarakat berbasis aset yang diamanahkan oleh kampus untuk diterapkan dalam KKN.

"Tanaman hias cukup diganrungi masyarakat Siwa, hal itu terlihat saat kita melakukan survey di lapangan banyak warga yang memelihara dan merawat bunga di pekarangan rumahnya. Hal ini tentu menjadi aset dan potensi tersendiri yang harus dikembangkan," jelasnya.

Olehnya itu, ia berharap, melalui lomba tersebut bisa memotivasi warga untuk terus mengembangkan aset dan potensi yang dimilikinya termasuk dalam memelihara dan merawat tanaman hias.

Hal senada disampaikan Lurah Siwa, Basri, ia mendukung penuh kegiatan lomba taman bunga yang diprogramkan mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar. 







"Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada ananda mahasiswa KKN UIN yang telah menggelar lomba taman bunga. Semoga melalui lomba tersebut bisa menjadi motivasi dan dorongan kepada warga untuk terus menjaga dan menata pekarangan rumahnya," ujarnya saat memberikan sambutan.

Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan program pemerintah Kabupaten Wajo, diantaranya Wajo Mapaccing dan Gerakan Masjid Cantik (Gemantik). Ia pun  berjanji akan menggalakkan kegiatan serupa agar warga senantiasa menjaga kebersihan dan keindahan lingkungannya.

Diketahui, dalam lomba taman bunga terkreatif tersebut, mahasiswa KKN UINAM mempercayakan 3 orang sebagai tim penilai yakni, Hj. Harisah (Sekretaris Kelurahan Siwa dan TP PKK), Besse Roslina Gau (Tokoh Pendidik), dan Nining Andriani (Tokoh Pendidik). 


Penulis: Muhammad Faisal
Komentar

Tampilkan

  • Mahasiswa KKN DK-UINAM Posko Siwa Gelar Lomba Taman Bunga
  • 0

Terkini