Desa Tosora Punya Sejarah Yang Harus Dijaga Dan Dilestarikan

Desa Tosora gelar pertemuàn bahas peningkatan pemberdayaan dan pemajuan budaya pariwisata

 

WAJO, INFOCHANELNASIONAL.COM---Situs sejarah cagar budaya merupakan salah satu obyek wisata yang sangat menjanjikan untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

Termasùk di  Desa Tosora Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan, terdapat makan toko agama yang dulunya menyebarkan Agama Islam diberbagai negara di Asia Tenggara, beliau adalah Syekh Jamaluddin Al Akbar Al Husaini kerturunan langsung dari Nabi Muhammad SAW ke 19. Makam ada di Wajo dan sangat penting untuk dilestarikan karena mempunyai nilai sejarah dan dapat menjadi objek wisata sejarah, religi dan objek penelitian.

   Kades Tosora, Asri Razak Mas'ud, menjelasakan bahwa makam Syekh Jamaluddin  Al Akbar Al Husaini selalu kedatangan pengunjung baik dari Kabupaten Wajo  maupun dari luar kabupaten, provinsi dan bahkan manca negara. Olehnya kami memberikan perhatian khusus untuk masjid tua ini yang mana di samping mihrabnya di situlah terletak makam beliau, ungkapnya pada Kamis, 18/04/2024.

    “Saya peribadi pada umumnya selalu sholat di mesjid tua ini, ada kepuasan tersendiri, terasa tenang terutama melakukan zikir bersama di waktu waktu tertentu bersama warga kami dan juga sering bersama-sama pengunjung, bahkan tidak jarang kami melakukan sholat sunnah tahajud disini. Alhamdulillah ada beberapa pejabat menyumbang bahkan dari pulau jawa dan luar negeri membantu pembangunan dan pemeliharaaan mesjid tua ini," terangnya 

Lanjutnya , bahwa atas nama pemerintah Desa Tosora bersama BPD dan seluruh tokoh masyarakat dari berbagai unsur serta seluruh warga mengadakan pertemua ini untuk meningkatkan sumber daya masyarakat guna memajukan budaya dan pariwisata di desa Tosora utamanya pada objek cagar budaya dan sejarah religi.

Daling-ICN

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama